Pengalaman Psikotest BCA 2017 | TES SHL dan Psikotes BCA (Seleksi Tes BCA 2017)

Hai teman-teman, kali ini aku mau cerita pengalaman aku saat mengikuti psikotest di BCA. Aku daftar di posisi Junior Business Analyst (PBA). Jadi, posisi yang aku mau daftar itu adalah program ya, mungkin berbeda tahap testnya kalau mau daftar langsung jadi staff. Oke langsung aja aku kasih tau proses psikotesnya.

Post ini ada kelanjutannya yaitu -> VERIFIKASI SHL, DAN WAWANCARA LANJUTAN BCA 2017

BTW, kalian bisa follow saya di Instagram:

https://www.instagram.com/StudyWithWill

Thanks guys.

Proses pertama itu aku daftar posisi ini langsung di website BCA. Setelah mengisi semua data diri di website, beberapa hari kemudian aku dapet email dari BCA untuk menyelesaikan psikotest SHL secara online. Awalnya sempet bingung banget karena ga pernah kerjain soal psikotest SHL. Setelah cari contoh di google, aku belajar sendiri dan sepertinya tidak terlalu sulit. Psikotest SHL itu terdiri dari berbagai macam hal yang diujikan. Namun untuk psikotest SHL kali ini hanya ada 3 jenis yaitu Verbal, Numerical, dan Logical.

TES SHL

  • Untuk tes Verbal, kita akan menentukan suatu kalimat benar, salah, atau tidak dapat ditentukan berdasarkan teks yang diberikan. Nah, jadi perlu diperhatikan jangan menyimpulkan suatu hal secara berlebihan karena belum tentu ada di dalam teksnya.
    • Mungkin sekitar 40/50 soal dan waktunya mungkin sekitar 30-45 menit
    • Kita akan diberi suatu paragraf. Misalnya tentang penemuan vaksin. Setelah baca paragraf itu kita dikasih suatu pernyataan. misalnya “Vaksin dapat menyebabkan kematian”. Kemudian kita harus jawab antara benar, salah, atau tidak dapat disimpulkan. Kita cuma boleh menjawab sesuai dengan isi paragraf.
    • Contoh: “….. A menyebabkan kerugian pada perusahaan B sebesar XXX juta …..”, terus pernyataannya “A dipecat”. kira-kira jawabannya apa? (tidak dapat disimpulkan)
    • Satu paragraf biasanya 2 soal
    • Contoh -> https://www.cebglobal.com/shldirect/in/example-questions/verbal
  • Kemudian tes Numerical, kita akan menjawab pertanyaan hitungan. Menurut aku perhitungannya tidak terlalu sulit, namun karena ada batasan waktu jadi harus cepat ngerjainnya.
    • Mungkin sekitar 40 soal, waktunya mungkin 45 menit
    • kalau bagian ini kita akan diberi tabel data-data gitu.
    • Misalnya tabel jumlah kendaraan pada kota A. Ada data jumlah motor, mobil, pesawat, dll. Terus ditanya, “Berapa perbandingan motor dan mobil di kota A?”, “Berapa persen kenaikan jumlah motor dari bulan Februari ke Maret?”, “Berapa jumlah orang yang menggunakan motor di kota A pada tahun 2018 apabila kenaikan setiap tahun 3%?”, dan lain-lain.
    • Pertanyaannya ada yang sederhana sampai rumit.
    • Setiap soal beda data
    • Contoh -> https://www.cebglobal.com/shldirect/in/example-questions/numerical
  • Kalau tes Logical menggunakan inductive logical. Jadi sebenarnya test SHL itu ada deductive logical dan inductive logical. Namun kebanyakan perusahaan itu test inductive logical untuk tes logicalnya. Soalnya itu terkait dengan gambar-gambar gitu.

Kalian bisa coba latihan dulu -> https://www.cebglobal.com/shldirect/en/practice-tests, tesnya gratis. Prosedurnya sama persis, bedanya nanti tes BCA pakai Bahasa Indonesia.

PSIKOTEST BCA 2017

Setelah menyelesaikan tes SHL online, aku tunggu sekitar 1 minggu dan dapat email dari BCA untuk mengikuti Psikotest BCA. Hal yang perlu dipersiapkan adalah fotokopi KTP, fotokopi transkrip nilai, dan foto berwarna 4×6. Psikotest ini sama dengan psikotest pada umumnya. Aku udah mulai persiapkan diri dengan beli buku psikotest mulai coba-coba kerjain soal. Psikotest ini diadakan di Wisma Slipi lantai 2. Oh ya, yang mengadakan psikotest ini bukan BCA langsung tapi dari tim seleksi, kalau tidak salah namanya insan.

Psikotest ini terdiri dari 3 tahap. Tahap pertama itu test kemampuan akademik, tahap kedua test kepribadian, dan tahap ketiga interview. Sistem testnya adalah sistem gugur. Jadi kalau di tahap pertama tidak lulus, maka tidak perlu mengikuti tahap kedua dan ketiga.

Pada tahap pertama ada dua tes. Tes pertama ada 9 subtest, yaitu:

  1. Menentukan lawan kata
  2. Melengkapi suatu kalimat dengan kata yang paling tepat
  3. Menentukan kata yang berbeda artinya dari suatu kelompok kata (dari 5 kata pilih 1 yang beda artinya)
  4. menentukan 1 kata yang mewakili 2 kata yang lain (itik-ayam -> kata apa yang merepresentasikan keduanya?)
  5. Menentukan deret angka
  6. tes hitungan matematika (contohnya: jika A pergi ke kota B dengan kecepatan 60km/jam dalam waktu 4 jam, berapa jarak yang ditempuh A dalam waktu 1 jam, dan sebagainya)
  7. *** lupa *** (masih mengenai gambar, sepertinya hampir sama dengan subtest 8)
  8. Menentukan gambar yang dapat dibentuk dari suatu abstrak (kalau gambar abstrak disusun ulang akan membentuk gambar yang mana a/b/c/d/e)
  9. Posisi Kubus yang memiliki pattern (kubus tersebut kalau diposisikan ulang akan menjadi kubus yang mana a/b/c/d/e)

Ada tambahan satu lagi yaitu tes hapalan. Kita diberi kata-kata berdasarkan kategori, misalnya:

  • binatang : kerbau, harimau, zebra
  • bunga: dahlia, yasmin, soka
  • perkakas: jarum, wajan
  • kesenian:gamelan, arca, opera
  • burung: itik, elang, perkutut

Katanya ada 5 atau 6, kita harus menghapal semua kata-kata itu dalam waktu 3 menit. Kemudian, kita diberi lembar baru dan soalnya adalah menentukan kata yang berawalan dengan k ada di kategori yang mana, kata yang berawalan y ada di kategori yang mana, dst. Jadi, setiap kata ga ada yang sama inisialnya.

Tes Kedua pada tahap pertama adalah Tes Pauli atau lebih dikenal dengan sebutan tes koran. Jadi pada tes ini, kita diberi kertas yang besar banget yang isinya deretan angka. Kita harus menjumlahkan setiap dua angka secepat dan seteliti mungkin. Kemudian setiap beberapa menit akan diberi perintah garis (beri garis pada bagian terakhir yang kita kerjakan) dan tetap lanjut mengerjakan hingga disuruh berhenti.

Setelah tahap pertama selesai, kita disuruh tunggu 15 menit. Setelah 15 menit, nama-nama orang yang tidak lolos di tahap pertama akan dimunculkan di layar dan boleh meninggalkan ruangan. Lanjut ke tahap kedua.

Tahap kedua tidak ada batasan waktu, tapi katanya umumnya 1 jam. Waktu tidak dibatasi karna berbarengan dengan interview. Jadi selama kerjain tes tahap kedua, satu per satu akan dipanggil keluar untuk interview. Pada tahap kedua ini, kita ngerjain 4 tes, yaitu:

  1. Menentukan kalimat yang lebih sesuai dengan kepribadian kita (ada dua kalimat, atas atau bawah)
  2. Test Wartegg (ada 8 kotak dengan tanda yang khas, kita harus menggambar/melanjutkan gambar dari tanda itu)wartegg
  3. Menggambar pohon yang berkayu (ada jenis pohon yang tidak boleh digambar)
  4. Menggambar orang yang melakukan aktivitas

Untuk interview, pertanyaannya masih seputar keseharian. Tidak ada pertanyaan-pertanyaan teknis. Dari proses wawancara, aku nangkep kalau ini juga menilai kepribadian dan kecocokan dengan posisi yang diinginkan. Soalnya pewawancara aku waktu itu bilang kalau kita tidak pasti akan masuk posisi yang diinginkan kalau kita tidak pas di posisi itu. Di proses  wawancara ini juga ditanya, suka kerja berkelompok atau sendiri, mengapa daftar posisi tersebut, dll.

Kalau sudah test 3 tahap, maka boleh langsung pulang. Oh ya, Kita juga diberi makan siang kalau lulus ke tahap kedua.

Baca juga lanjutan Seleksi aku disini -> Tes SHL, Verifikasi SHL dan Interview Lanjutan

Oke, sepertinya itu dulu blog post kali ini. Semoga teman-teman yang baca dapet informasi yang dibutuhkan. hehe.

Good luck!

Advertisements

15 thoughts on “Pengalaman Psikotest BCA 2017 | TES SHL dan Psikotes BCA (Seleksi Tes BCA 2017)

  1. Duh kok saya rada kewalahan ya ngerjain tes kali ini? padahal saya beberapa kali ikut tes di perusahaan lain spt A*tra & Bank M*ga semuanya berjalan lancar bgt ga merasa ada kesulitan apapun. jadi bingung nih bisa lolos apa ngga ya?

  2. Mas mau tanya, saya baru melamar via online dua minggu lalu dan baru dpt email undangan psikotes dr bca barusan. Tapi ngk di suruh tes shl online. Apa tes shl nya nanti langsung di bca nya ya? Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s