Tes SHL Lanjutan, Verifikasi SHL, dan Wawancara Lanjutan BCA 2017 | Pengalaman Tes BCA 2017

Hai, kali ini aku akan cerita perkembangan seleksi kerja di BCA tahun 2017. Tahapan seleksi sebelumnya sudah aku ceritakan di blog post -> Tes SHL dan Psikotes BCA. Jadi sekitar awal Bulan Mei 2017 setelah psikotest, aku dapat email lagi dari BCA untuk tes SHL online (lagi) tapi untuk tes kepribadian dan karakter. Pertanyaannya banyak banget sekitar 100 dan tidak ada batasan waktu. Contoh soalnya itu ada tiga kalimat yang berbeda-beda dan kita harus pilih satu yang paling benar dan satu yang paling tidak benar. Menurut aku ini tesnya cukup sulit ya karena kadang ketiga kalimat itu benar dan sesuai dengan kita tapi tetep harus milih yang paling tidak benar. Contohnya:

  1. Saya menyukai analisa
  2. Saya suka memperhatikan perilaku orang
  3. Saya bertindak sesuai dengan keadaan

Dari ketiga kalimat itu, pilih satu yang paling benar dan satu yang paling tidak benar.

Setelah selesai tes SHL ini, tanggal 5 Mei 2017 aku dapat email lagi untuk verifikasi hasil tes SHL dan interview lanjutan di BCA Wisma Asia I. Kita juga dikasih formulir permohonan kerja yang perlu dibawa. Isi formulir itu lebih ke data-data diri hampir kayak CV tapi ada informasi keluarga, organisasi, bahasa, lebih lengkap gitu.

Awalnya aku kira verifikasi hasil tes SHL itu adalah verifikasi tes SHL kepribadian dan karakter itu misalnya BCA mau pindahkan kita dari program business analyst ke program relationship officer gitu hehe. Ternyata verifikasi hasil tes SHL itu adalah kita tes SHL lagi langsung di tempat itu. Tes SHL ini sama dengan yang aku ceritakan sebelumnya di post ini. Tapi soalnya lebih sedikit dan waktunya lebih singkat [kalau ga salah verbal cuma 18 soal-11 menit, numerikal cuma 10 soal-15 menit, dan logika lupa berapa kayaknya 10 soal juga].

Setelah selesai kita tunggu dipanggil untuk interview lanjutan. Interview ini benar-benar cuma ngebahas formulir permohonan kerja yang kita isi itu. Santai banget bahkan yang interview aku sampe ketawa-ketawa gitu. Ga lama wawancaranya mungkin cuma 30 menit. Ga tau sih tujuannya apa wawancara yang ini mungkin dia mau lihat kita orang yang seperti apa sebelum diwawancarai unit kerja.

Jadi sebelum selesai aku dikasih tau untuk nunggu maksimal satu bulan. Jadi ntar dikasih tau apakah lolos ke interview unit kerja (atasan kita nanti). Dia juga bilang kalau sampe ke tahap medical check-up bisa dikatakan lolos seleksi BCA. Setelah wawancara ini boleh langsung pulang.

Nah, itu dia pengalaman aku tes SHL kepribadian, verifikasi hasil tes SHL, dan interview lanjutan BCA 2017. Semoga teman-teman yang baca terbantu dan dapat informasi yang diinginkan.

Update: Mungkin ada yang bertanya apakah saya lolos atau tidak. Jadi, saya sudah lolos ke tahap berikutnya yaitu Interview User sejak tanggal 7 Juli 2017. Namun, karena saya memutuskan untuk lanjut kuliah S2, saya tidak melanjutkan interview user di BCA (Stop proses seleksi). Thank you

See you in my next post.

Good luck!

Advertisements

5 thoughts on “Tes SHL Lanjutan, Verifikasi SHL, dan Wawancara Lanjutan BCA 2017 | Pengalaman Tes BCA 2017

  1. Hallo kak william, makasih atas infonya ya. Kebetulan td siang sy baru di tlp oleh pihak bca utk lanjutkan interview verifikasi. Awalnya bingung bgt itu gmn ya, tp lumayan ada gambaran krn tulisan kak william. Klo blh tau, saat ini sdh dipanggil bca lagi kah? Atau sdh kerja? Trims

    1. Hai Melisa, wah semoga informasinya membantu ya. Awalnya saya kira ga lolos haha, soalnya kata interviewer kan maksimal 1 bulan akan dihubungi. Saya baru aja ditelpon untuk lanjut ke interview user tanggal 6 Juli 2017. Namun saya berencana untuk ga melanjutkan karena saya lanjut S2 ke Taiwan. Thanks ya udah baca

      1. Iya betul saya juga gitu, awalnya sy kira ga lolos karena udh 1 bulan, tp ternyata persis setelah libur lebaran kemarin di telepon. Oh gt ya kak, padahal mau tanya2 lagi kira2 diminta kerja kapan krn saat ini sy jg msh tahap akhir S2. Hehe. Sekali lagi terimakasih untuk informasinya ya. Sukses S2 nya di taiwan. 祝你好运。😊

      2. Oh gitu, info dari interviewer kemaren setelah interview user ada medical checkup, kemudian baru kontrak. Kemungkinan harus nunggu 1 bulan lagi (cuma perkiraan aja soalnya prosesnya lama hehe) wah, semoga sukses ya dan pastinya bisa diterima kerja di tempat yg diinginkan hehe. 谢谢

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s