Tes SHL Lanjutan, Verifikasi SHL, dan Wawancara Lanjutan BCA 2017 | Pengalaman Tes BCA 2017

Hai, kali ini aku akan cerita perkembangan seleksi kerja di BCA tahun 2017. Tahapan seleksi sebelumnya sudah aku ceritakan di blog post -> Tes SHL dan Psikotes BCA. Jadi sekitar awal Bulan Mei 2017 setelah psikotest, aku dapat email lagi dari BCA untuk tes SHL online (lagi) tapi untuk tes kepribadian dan karakter. Pertanyaannya banyak banget sekitar 100 dan tidak ada batasan waktu. Contoh soalnya itu ada tiga kalimat yang berbeda-beda dan kita harus pilih satu yang paling benar dan satu yang paling tidak benar. Menurut aku ini tesnya cukup sulit ya karena kadang ketiga kalimat itu benar dan sesuai dengan kita tapi tetep harus milih yang paling tidak benar. Contohnya:

  1. Saya menyukai analisa
  2. Saya suka memperhatikan perilaku orang
  3. Saya bertindak sesuai dengan keadaan

Dari ketiga kalimat itu, pilih satu yang paling benar dan satu yang paling tidak benar.

Setelah selesai tes SHL ini, tanggal 5 Mei 2017 aku dapat email lagi untuk verifikasi hasil tes SHL dan interview lanjutan di BCA Wisma Asia I. Kita juga dikasih formulir permohonan kerja yang perlu dibawa. Isi formulir itu lebih ke data-data diri hampir kayak CV tapi ada informasi keluarga, organisasi, bahasa, lebih lengkap gitu.

Awalnya aku kira verifikasi hasil tes SHL itu adalah verifikasi tes SHL kepribadian dan karakter itu misalnya BCA mau pindahkan kita dari program business analyst ke program relationship officer gitu hehe. Ternyata verifikasi hasil tes SHL itu adalah kita tes SHL lagi langsung di tempat itu. Tes SHL ini sama dengan yang aku ceritakan sebelumnya di post ini. Tapi soalnya lebih sedikit dan waktunya lebih singkat [kalau ga salah verbal cuma 18 soal-11 menit, numerikal cuma 10 soal-15 menit, dan logika lupa berapa kayaknya 10 soal juga].

Setelah selesai kita tunggu dipanggil untuk interview lanjutan. Interview ini benar-benar cuma ngebahas formulir permohonan kerja yang kita isi itu. Santai banget bahkan yang interview aku sampe ketawa-ketawa gitu. Ga lama wawancaranya mungkin cuma 30 menit. Ga tau sih tujuannya apa wawancara yang ini mungkin dia mau lihat kita orang yang seperti apa sebelum diwawancarai unit kerja.

Jadi sebelum selesai aku dikasih tau untuk nunggu maksimal satu bulan. Jadi ntar dikasih tau apakah lolos ke interview unit kerja (atasan kita nanti). Dia juga bilang kalau sampe ke tahap medical check-up bisa dikatakan lolos seleksi BCA. Setelah wawancara ini boleh langsung pulang.

Nah, itu dia pengalaman aku tes SHL kepribadian, verifikasi hasil tes SHL, dan interview lanjutan BCA 2017. Semoga teman-teman yang baca terbantu dan dapat informasi yang diinginkan.

Update: Mungkin ada yang bertanya apakah saya lolos atau tidak. Jadi, saya sudah lolos ke tahap berikutnya yaitu Interview User sejak tanggal 7 Juli 2017. Namun, karena saya memutuskan untuk lanjut kuliah S2, saya tidak melanjutkan interview user di BCA (Stop proses seleksi). Thank you

See you in my next post.

Good luck!

23 thoughts on “Tes SHL Lanjutan, Verifikasi SHL, dan Wawancara Lanjutan BCA 2017 | Pengalaman Tes BCA 2017

  1. Hallo kak william, makasih atas infonya ya. Kebetulan td siang sy baru di tlp oleh pihak bca utk lanjutkan interview verifikasi. Awalnya bingung bgt itu gmn ya, tp lumayan ada gambaran krn tulisan kak william. Klo blh tau, saat ini sdh dipanggil bca lagi kah? Atau sdh kerja? Trims

    1. Hai Melisa, wah semoga informasinya membantu ya. Awalnya saya kira ga lolos haha, soalnya kata interviewer kan maksimal 1 bulan akan dihubungi. Saya baru aja ditelpon untuk lanjut ke interview user tanggal 6 Juli 2017. Namun saya berencana untuk ga melanjutkan karena saya lanjut S2 ke Taiwan. Thanks ya udah baca

      1. Iya betul saya juga gitu, awalnya sy kira ga lolos karena udh 1 bulan, tp ternyata persis setelah libur lebaran kemarin di telepon. Oh gt ya kak, padahal mau tanya2 lagi kira2 diminta kerja kapan krn saat ini sy jg msh tahap akhir S2. Hehe. Sekali lagi terimakasih untuk informasinya ya. Sukses S2 nya di taiwan. 祝你好运。😊

      2. Oh gitu, info dari interviewer kemaren setelah interview user ada medical checkup, kemudian baru kontrak. Kemungkinan harus nunggu 1 bulan lagi (cuma perkiraan aja soalnya prosesnya lama hehe) wah, semoga sukses ya dan pastinya bisa diterima kerja di tempat yg diinginkan hehe. 谢谢

  2. hai kak sangat terinspirasi sekali baca ceritanya, dan dari cerita udah bisa nebak banget kalo kakak jenius yah
    ini aku baru dapet email dan sabtu besok tes SHL online dr BCA dan baru tau kalo soalnya numeric, logical dan aku coba kerjain ampun susah sekali.. hmmmm
    sayang banget kak gak ambil interviewnyaaaa.. tp sukses yah kak buat S2 nya

  3. waah ternyata susah bgt gt ya kak tesnya huhu aku baru dikabarin buat lanjut psikotest ke bandung nanti tgl 14 setelah interview awal kayanya kurang lebih bakal sm kaya yg di blog kakak ya tahap22nya soalnya aku masih ada 3 tahap lg semoga aja aku bisa lolos sampe tahap terakhir yaa makasih bgt pengalamannya bisa jadi pelajaran. btw deg22an banget inimah baru awal22 bgt gt buat aku belum sejauh pengalaman kakak di bca huhuhu pdhl sayang bgt itu gak diambil tp sukses ya kak S2 nya

  4. Halo Kak.. Aku mau tanya dong kak, aku baru dapat email untuk verifikasi tes shl dan interview kak. Untuk tes verifikasi itu kakak boleh pakai kalkulator ga kak?
    makasih kak..

  5. Terimakasih infonya kakak, semoga saya ga gampang menyerah dan kurang lebihnya terinspirasi juga, semoga bisa masuk deh, amiinn, sukses selalu ya kak. Thanks😊

  6. Ka saya mau tanya klo habis isi semua itu tes SHL online tinggal nunggu aja ya kak hasilnya ? Soalny hbis isi tes” ny blum dpt konfir apa” ka

    1. Mas Ray, saya dapat info dari BCA kalo saya mendapat kesempatan untuk mengikuti psikotes SHL online dengan durasi pengerjaan mulai tgl 14 Oktober 2017 Jam 00.00 sampai dengan 15 Oktober 2017 Jam 23.59. Apa maskdunya mas ? Apakah kita boleh menyicil keempat tes (misal dua tes pertama tgl 14 dan sisanya tgl 15) atau harus dikerjakan semuanya dalam suatu hari ? Mohon petunjuknya mas 🙂

      1. Iya kamu bisa nyicil gitu sebelum deadline karna untuk ngerjain test itu perlu masuk satu per satu. Yang penting jangan lewat dari deadline.Kalau saya pribadi, saya ngerjain semua di satu hari. Good luck 🙂

  7. Siang kak william, semoga dalam keadaan sehat. Kak saya mau tanya, tgl 26-29 sept kmaren durasi sy mengerjakan tes SHL utk program di BCA (PRO). Saya mau tanya kak kok sampai hari ini saya belum dpt kabar kelanjutannya ya kak? Dan baca di blog kakak kalo kak william dikabarin 1 mgg stlah SHL. Apa berarti saya gagal kak? Apa BCA lulus/tdk lulus akan diinfokan juga? Terima kasih kak William.. Sukses selalu GBU 🙂

    1. mungkin tergantung sama jadwal psikotest juga. memang info jadwal bca tidak menentu dan bisa berubah-ubah. saya kurang tau juga apakah bca kasih info untuk yg tidak lulus. saran saya, selagi menunggu kamu daftar-daftar yang lain juga fal.. sukses terus yaaaa 👍👍👍

Leave a Reply

