Cara Memulai Bullet Journal :)

Okay, kalau kalian membuka blog post ini, aku berasumsi kalau kalian tertarik untuk memulai bullet journal dan mau tau bagaimana cara memulai bullet journal. Good!! Tapi mungkin kalian berpikir, “Ribet ga ya?”, atau “Aku ga kreatif, ga bisa bikin bullet journal yang bagus-bagus”, atau juga, “Aku bisa komitmen ga ya dengan bullet journal nanti?”.

Okay okay, jangan mikir macem-macem dulu ntar pusing. Kalau gitu baca dulu aja apa yang diperlukan dan apa yang perlu dilakukan untuk memulai sebuah bullet journal.

Things You’ll Need

  1.  Buku Catatan
    • Kita bebas menggunakan buku catatan jenis apapun selama polos, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil (ukuran A5 cukup pas). Di komunitas bullet journal sendiri banyak yang menggunakan dotted bullet journal karena memudahkan untuk menulis dengan rapi dan garis lebih rapi (Gambar 1). Bisa juga menggunakan square notebook yang juga bisa memudahkan untuk menggaris dan menulis dengan rapi (Gambar 2). Banyak juga yang menggunakan plain notebook seperti yang aku gunakan. Namun dalam menulis dan menggaris harus lebih diperhatikan agar tidak miring-miring (Gambar 3).
      dot-grid-notebook
      Gambar 1 Contoh Dotted Bullet Journal
      planner-layout
      Gambar 2 Contoh Square Bullet Journal
      bullet-journal-daily-spread
      Gambar 3 Contoh Plain Bullet Journal

       

    • Merk jurnal yang populer di kalangan bullet journalist adalah Moleskin (Harganya berkisar antara Rp. 200.000 an sampai lebih dari Rp. 400.000 an) dan Leuchtturm 1917 (harganya bisa sampe Rp. 500.000 an) MAHAL BANGET YA HAHA
    • Aku sendiri beli jurnal yang lebih murah di Aliexpress.com dan Miniso, bentuknya persis sama dengan jurnal pada umumnya dan harganya sekitar $11.50 artinya sekitar Rp. 100.000++. Hanya saja karna beli di Aliexpress itu dikirim dari luar negeri, jadi nunggu paket sampai di tangan bisa paling cepat 15 hari sampai 45 hari dengan biaya pengiriman ada yang gratis dan ada yang berbayar. Bisa juga beli buku catatan di Miniso yang versi dotted.
    • Alternatif -> Bisa juga pake buku catatan apapun yang kalian punya misal binder, buku catatan yang bergaris juga gapapa contohnya merk Front yang lebih murah dijual di Gramedia (Gambar 4). Aku lupa harganya berapa, yang pasti tidak lebih dari Rp. 100.000,- 
    • Rekomendasi ->Notebook di Miniso harganya sekitar Rp. 50.000. Ada yang versi dotted juga lebih enak digunakan sebagai bullet journal.

      black_1
      Gambar 4 Contoh Notebook Merk Front
  2. Pulpen
    • Pulpen kesukaan kalian 🙂
    • Boleh banget berkreasi dengan watercolor paint, highlighter, watercolor pencils, dan lain-lain

Things You’ll Need To Do

Kalau kalian males bikin collections yang banyak atau memang ga butuh, kalian cuma perlu buat hal yang di bawah ini aja kok

  1. Yearly Section -> Future logBagian ini berfungsi untuk melihat kegiatan-kegiatan selama setahun kedepan dalam satu atau dua halaman. Jadi saat membuat bagian monthly section, kita tidak lupa kegiatan-kegiatan penting itu.

    wp-image-1189413038jpg.jpg
    Gambar 5 Contoh Yearly Section Future Log
  2. Monthly Section -> All date in a monthBagian ini berfungsi untuk melihat kegiatan-kegiatan selama satu bulan kedepan. Jadi saat membuat bagian daily section, kita tidak lupa kegiatan-kegiatan penting itu.

    wp-image-76140569jpg.jpg
    Gambar 6 Contoh Monthly Section
  3. Daily Section -> To Do ListBagian ini digunakan untuk merencanakan kegiatan sehari-hari.

    wp-image-1573565163jpg.jpg
    Gambar 7 Contoh Daily Section To-Do Lists

Sudah!!! bullet journal kalian tinggal dimanfaatkan deh. Beneran loh, sebenarnya fungsi bullet journal adalah untuk membantu kita dalam perencanaan, memantau, dan mengingat. Jadi kalau kalian tidak suka dekorasi, design yang berlebihan, maunya yang minimalist aja, boleh banget. Tapi kalau kalian suatu saat mau coba menghias dan mendekorasi bullet journal kalian juga boleh banget.

Semoga teman-teman yang mau memulai menggunakan bullet journal bisa terbantu dan mendapat informasi yang dibutuhkan dari post ini. Aku bakalan banyak post mengenai bullet journal kedepannya. Jadi kalau teman-teman mau dapat informasi lebih banyak mengenai bullet journal bisa follow blog ini atau follow akun Instagram @YeahStudyBujo

Good luck! #YeahStudyBujo

Advertisements

2 thoughts on “Cara Memulai Bullet Journal :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s