Medical Check Up VISA Pelajar Taiwan 2017 di Rosela Indah Medical Center

Halo teman-teman,

Perhatian: karena post ini tentang medical check up,  jadi bahasanya agak vulgar mengenai urin, feces, darah, dll. 

Kali ini, saya mau cerita pengalaman saya saat melakukan medical check up di Rosela Indah Medical Center.

Saya berangkat ke klinik Rosela Indah pukul 7.30 WIB dan sampai di Rosela sekitar pukul 9.00 WIB. Setibanya di Rosela, saya langsung masuk dan bertanya kepada penjaga loket depan untuk medical check up VISA Taiwan. Saya disuruh ke bagian dalam dan ternyata di sana ada loket lagi. Saya disuruh isi formulir dulu dan tanda tangan. Formulirnya menggunakan formulir klinik jadi beda dengan formulir wajib dari TETO (hasil akhir baru pake formulir asli). Lalu biaya check up langsung dibayar cash sebesar Rp. 700.000 untuk semuanya (termasuk vaksin).

Setelah formulir saya disimpan datanya oleh petugas loket, saya diminta untuk naik ke lantai atas untuk pengambilan sampel urin dan feces. Setelah sampai di ruangan atas, disana ada suster yang berjaga. Susternya langsung ambil sampel darah dulu dan tidak sakit sama sekali saat jarum dimasukan dan setelah selesai juga ga sakit (kecuali kalau dipegang kayak terasa bengkak gitu, selebihnya ga ada rasa sakit apapun).

Setelah pengambilan darah, kita diberi dua tempat sample kecil yang satu untuk urin dan yang satu lagi untuk feces. Tempat untuk feces disediakan juga sedotan yang sudah dipotong kecil untuk mengambil sampel fecesnya. Jadi saya langsung ke toilet yang ada di sebelah rungan untuk buang air. Karna saya memang sedang kebelet buang air kecil jadi saya ga kesulitan untuk sample urin. Kemudian saya bermasalah untuk sampel feces karena saya biasa buang air besar sore atau malam ga pernah pagi-pagi. Jadi saya melanjutkan pemeriksaan lain dulu.

kemudian saya disuruh ke area kecil di belakang ruangan masih di lantai 2 untuk pemeriksaan mata, tinggi dan berat badan, dan tensi darah. Disini, pemeriksaannya standar seperti melihat huruf-huruf untuk mata, mengukur tinggi dan berat badan, kemudian tensi darah dan ditanya mengenai riwayat penyakit keluarga.

Setelah selesai, saya disuruh turun ke area rontgen di lantai bawah. Sebelum rontgen, buka baju dulu dan saya disuruh berdiri membelakangi alat sambil menarik dan kemudian menahan napas selama rontgen.

Setelah selesai, kita diminta menemui dokter di ruangan sebelah untuk pemeriksaan umum dan vaksin. Disuruh buka baju dan rebahan di tempat tidur untuk cek mata, gigi, detak jantung, dan kulit. Setelah itu cek buta warna disuruh baca angka yang ada gambar dengan kombinasi warna yang berbeda-beda. Setelah itu baru suntik vaksin. Setelah suntik vaksin berarti seluruh proses sudah selesai. Formulir dikembalikan ke loket awal dan boleh pulang.

Namun karna saya belum memberikan sampel feces jadi saya beberapa kali ke toilet namun tidak berhasil. Sebenarnya kita boleh memberikan sampelnya besok jadi boleh pulang dulu. Tapi karna saya tidak mau bolak-balik, saya coba cari cara lain. Kebetulan di sebelah klinik ada apotek. Lalu saya ke apotek dan saya tanya apa ada obat perangsang BAB. Ternyata ada karena memang disediakan untuk pasien medical check up. Biayanya Rp. 25.000 per botol. Obatnya sangat efektif karena tidak lebih dari 5 menit obatnya sudah mulai bekerja. Saya mulai mules-mules dan akhirnya berhasil.

Setelah semua selesai, kita akan diberi kwitansi untuk pengambilan hasil medical check up. Kata petugas loket, keesokan hari sekitar jam 1, kita bisa menanyakan hasil apa sudah selesai atau belum. Waktu pengambilan hasil juga bebas asalkan tidak lebih dari 2 bulan.

Kemudian keesokan harinya saya telepon ke klinik dan ternyata hasil check up saya sudah selesai. Karna klinik tutup jam 5 sore, jadi saya memutuskan untuk mengambil hasil keesokan harinya lagi.

Untuk mengambil hasil jangan lupa membawa kwitansi. Hasil medical check up diambil di loket depan. Setelah memperlihatkan kwitansi dan menunggu sebentar, ada petugas yang meminta kita untuk periksa identitas pada hasil medical check up seperti nama, nomor paspor, tanggal lahir, dll. Kalau semuanya sudah benar, berarti hasil medical check up nya final dan selesai. Selain hasil medical check up, kita juga mendapat sertifikat vaksin Measles dan Rubella.

Alamat Rosela Indah Medical Center

  • Jl. Rosela Raya No. 185 Wijaya Kusuma
  • Jakarta Barat
  • T: 021-5643405
  • F: 021-56978252

Untuk alamat klinik di area Jakarta bisa dilihat di blog post yang ini -> Daftar alamat dan klinik area Jakarta untuk VISA Taiwan

One thought on “Medical Check Up VISA Pelajar Taiwan 2017 di Rosela Indah Medical Center

Leave a Reply

