Pengalaman Mengurus VISA Resident Taiwan 2017 | Visa Student/Resident Taiwan 2017

Halo teman-teman, kali ini saya ingin berbagi pengalaman terkait pengurusan VISA resident saya ke Taiwan. Saya telah mendapat VISA resident saya sejak tanggal 4 Agustus 2017 kemaren. VISA resident ini berlaku selama 3 bulan. Jadi, VISA saya berlaku hingga 4 November 2017. Untuk mengetahui proses lebih lengkap, bisa dibaca di bawah ini.

Untuk mengajukan VISA resident dengan tujuan sekolah, terdapat beberapa dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut adalah:

  • Paspor (asli dan fotokopi) minimal masih berlaku 6-12 bulan
  • Ijazah Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (asli dan fotokopi)
  • Transkrip Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (asli dan fotokopi)
  • Kartu keluarga (fotokopi)
  • Medical Check Up (asli dan fotokopi)
  • Foto 4×6 berwarna background putih 2 lembar
  • Tabungan 3 bulan terakhir (fotokopi) kalau dapat beasiswa tidak perlu
  • TOEFL/IELTS (fotokopi)
  • LOA (asli dan fotokopi)
  • Form VISA (asli) isi melalui website dan dicetak.

Semua dokumen asli nanti akan dikembalikan. Untuk ijazah dan transkrip asli hanya digunakan sebagai lampiran jadi akan dikembalikan langsung saat di loket pengajuan. Sedangkan paspor asli akan dikembalikan bersama VISA.

Nah, seperti yang teman-teman bisa baca di kelengkapan dokumen di atas, kita perlu mempersiapkan beberapa dokumen terlebih dahulu sebelum mengajukan VISA seperti LOA, TOEFL, Medical Check Up, dll. Selain itu, apabila kampus atau sekolah kalian di Taiwan meminta dokumen ijazah, transkrip dan Medical Check Up untuk di legalisir TETO, maka kalian harus legalisir TETO dulu dokumen yang diminta. Kalau sekolah kalian tidak mewajibkan legalisir TETO (seperti NTUST), maka boleh mengajukan VISA tanpa legalisir TETO.

Informasi mengenai legalisir dokumen dapat dibaca di post ini -> Legalisir Dokumen kemenkumham, kemenlu, dan TETO

Setelah melengkapi semua dokumen yang diperlukan, saya datang ke kantor TETO di Gedung Artha Graha pukul 9 pagi. Setelah tiba di gedung, saya langsung naik ke lantai 12 dan meminta nomor antrian pada petugas. Usahakan dokumen yang kalian bawa sudah lengkap termasuk fotokopiannya karena TETO tidak menyediakan jasa fotokopi. Kalau mau fotokopi, kita harus turun ke basement.

Setelah memberi semua dokumen ke loket, dokumen kita akan diperiksa oleh petugas. Apabila semua sudah lengkap, petugas akan memberikan kwitansi pembayaran dan kita bisa langsung bayar ke loket pembayaran. Untuk membayar tidak ada nomor antrian, jadi langsung berbaris aja di loket tersebut. Biaya pembuatan VISA resident 2017 adalah Rp. 858.000. Setelah selesai membayar, kembalikan kwitansi tersebut ke loket awal dan kita akan diberi bukti pengambilan VISA.

Oh iya, kita belum tentu dapat VISA ya teman-teman. Jadi, keputusan untuk dapat VISA atau tidak sepenuhnya dipegang oleh TETO. Kemudian teman-teman yang ijazah aslinya belum keluar, kemungkinan tidak bisa mendapat VISA resident hanya VISA visitor. Namun, VISA visitor nanti bisa diganti menjadi VISA resident ketika ijazah asli sudah keluar. Bedanya ya perlu membayar biaya pengajuan VISA resident lagi.

Untuk pelajar yang akan sekolah sekitar 2 tahun harus punya VISA resident. Kalau teman-teman yang sekolah Bahasa Mandarin beberapa bulan, biasanya diberikan VISA visitor dan harus diperpanjang setiap 3 bulan. VISA resident ini penting karena diperlukan untuk membuat Alien Residence Card (ARC). ARC ini adalah kartu tanda penduduk kita selama di Taiwan. Dengan memegang kartu ARC ini kita dapat membuka rekening bank dan bebas untuk keluar masuk Taiwan.

Saya hanya perlu waktu 2 hari untuk menunggu VISA saya selesai. Saya mengajukan VISA resident tanggal 2 Agustus 2017 dan selesai tanggal 4 Agustus 2017.

Oh iya, jangan lupa waktu pengajuan dan pengambilan VISA berbeda ya teman-teman.Β Jadwal memasukan dokumen adalah pukul 8.30-11.30. Sedangkan jadwal mengambil dokumen adalah pukul 13.30-16.00. Usahakan datang di gedung pada rentang waktu tersebut ya. Soalnya kalau terlalu awal belum bisa naik ke lantai 12 dan harus tunggu di lobby gedung dan tidak ada tempat duduk.

Semoga teman-teman yang baca dapat informasi yang dibutuhkan. Good luck!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s