Perjalanan Indonesia – Singapura – Taiwan 5-6 September 2017

Perjalanan ke Taiwan saya mulai jalan dari rumah sekitar jam 15.00 WIB. Dari daerah Bintaro, saya tiba di bandara Soekarno Hatta sekitar jam 16.15. Sebelum check-in, saya terlebih dahulu mengantar mama untuk check-in. Terminal saya dan mama hanya bersebelahan yaitu Terminal 2D dan 2E. Setelah selesai, saya janjian dulu dengan teman untuk check-in. Akhirnya kita check-in sekitar pukul 17.00.

Saat melakukan check-in, saya berada diurutan pertama. Saat menimbang koper, ternyata berat koper saya 20.5 kg. Padahal saat menimbang koper dengan timbangan digital, berat koper saya cuma 19.5 an kg (berarti errornya +-1kg). Saya juga sempat khawatir kelebihan berat bagasi terutama bagasi kabin karna total barang bawaan bagasi kabin saya hampir 15 kg. Walaupun selama ini bagasi kabin sangat jarang diperiksa, namun kalau lagi sial dan ternyata diperiksa biaya tambahannya lumayan juga.

Ohya, waktu saya tanya ke petugas konter mengenai transit, saya tidak perlu memikirkan mengenai bagasi lagi karena akan langsung tiba di Taipei. Jadi selama transit, saya hanya perlu menunggu di Singapura.

Setelah selesai check in, saya dan teman saya sempat pergi makan malam dulu. kita memutuskan untuk keluar makan dulu karena jadwal boarding pukul 19.10. Jadi kita manfaatkan waktu menunggu 2 jam untuk makan malam.

Sekitar jam 19.00 kita masuk ke ruang tunggu. Waktu di pengecekan bagasi sebelum masuk ruang tunggu, koper saya di geledah oleh petugas. Namun petugasnya pun tidak tahu mau cari apa dan akhirnya dia tidak menemukan apa-apa. Awalnya sedikit panik karena sudah jadwal naik pesawat, setelah bergegas ke area ruang tunggu ternyata dipindah ke ruang tunggu D3. Setelah sampai di ruang tunggu D3, kita masih harus menunggu lagi sampai jam 19.45.

Menurut jadwal, kita terbang jam 19.55. Namun karena ada antrian pesawat yang take-off dan boarding, kita baru berangkat pukul 20.40. Telat sekitar 45 menit.

Saya dan teman akhirnya tiba di Singapura jam 22.55. Walaupun telat dari jadwal seharusnya, tapi masih kita sempat transit di Singapura dan hanya menunggu sekitar 1 jam. Setelah keluar pesawat, kita langsung jalan menuju area transfer. Karena belum tau harus pergi ke gate yang mana, saya bertanya dulu ke petugas dan kemudian kita pergi ke gate 33. Setelah sampai di gate 33, kita menunggu sampai jam 00.05 sebelum dipanggil masuk pesawat.

Pesawat tujuan Taipei kali ini berangkat sekitar pukul 00.55 dini hari. Selama di pesawat saya hanya tidur walau sempat terbangun beberapa kali. Walaupun begitu, saya merasa cukup puas bisa tidur sekitar 4 jam di pesawat. Kita tiba di Taipei pukul 05.20 dan lebih cepat dari jadwal seharusnya.

Setelah tiba di Taoyan International, kita segera jalan keluar pesawat ke bagian imigrasi. Karena saya langsung menuju bagian imigrasi, antiran masih belum terlalu panjang. Setelah selesai, saya turun dan segera mengambil bagasi.

Menurut jadwal, Kita akan dijemput oleh kampus sekitar pukul 7 pagi, namun setelah menunggu sampai jam 7.30, belum ada tanda-tanda penjemputan. Setelah lewat jam 7.30, ada pengurus yang datang dan kitapun mencari bus jemputan ke lantai bawah. Namun setelah sampai di lantai bawah, ternyata kita dijemput di lantai atas. Yah, jadi kita naik lagi ke atas. Sebenarnya bus jemputan kampus belum datang, tapi saya naik minivan petugas lain yang lebih kecil (muat untuk 6 orang) dan jalan duluan ke NTUST.

Kita berangkat dari Taoyuan International pukul 07.33 pagi dan sampai di NTUST pukul 08.26. Selama perjalanan, saya melihat kota Taipei untuk pertama kalinya. Kota yang bersih dan lalu lintas yang teratur. Langit masih tampak sangat biru. Penampakan yang sangat jarang saya lihat ketika masih di Jakarta.