Berkunjung ke Tamsui, 9 September 2017 | NTUST-AIA

NTUST memiliki satu asosiasi yang bertugas untuk membantu dan menjaga hubungan baik dengan mahasiswa internasional. Nama asosiasi ini adalah NTUST-AIA. NTUST-AIA memiliki banyak kegiatan, beberapa diantaranya adalah jalan-jalan ke tempat wisata terkenal di sekitar Taipei.

Pada tanggal 9 September 2017, NTUST-AIA telah menjadwalkan kegiatan jalan-jalan ke Tamsui. Saya dan beberapa teman lain memutuskan untuk mengikuti kegiatan ini mengingat kami melewatkan acara sebelumnya yaitu jalan-jalan ke Rao He Night Market. Tamsui sendiri adalah tempat wisata yang cukup populer di Taiwan karena tempat ini memiliki banyak peninggalan sejarah berupa arsitektur Barat, Jepang, dan juga Taiwan asli.

Menurut jadwal, kami harus berkumpul di MRT Gongguan Gate 2 pukul 13.00. Saat kami berjalan menuju MRT Gongguan, hujan mulai turun rintik-rintik. Kamipun segera mengeluarkan payung dan berjalan lebih cepat agar tidak ditinggal rombongan lain.

Setiba di Gate 2 MRT Gongguan, kami melihat banyak sekali mahasiswa internasional. Hampir seluruh mahasiswa internasional yang kami temui berkulit putih (bisa dibilang orang asia yang mengikuti acara AIA ini hanya saya dan teman-teman). Tidak berapa lama kami ikut berkumpul dengan rombongan itu, ketua AIA memutuskan untuk memulai perjalanan menuju Tamsui.

Seluruh biaya menuju Tamsui ditanggung oleh masing-masing mahasiswa. Sebelum memasuki MRT, ketua AIA mengingatkan kami semua untuk membeli tiket terlebih dahulu. Karena saya sudah punya easycard, jadi tidak perlu membeli tiket lagi. Setelah itu kamipun langsung masuk ke MRT.

Rute menuju Tamsui sangat sederhana. Yang perlu kami lakukan hanyalah naik MRT jalur hijau dan berganti jalur merah di Chiang Kai-Shek Memorial Hall dan berhenti di pemberhentian terakhir yaitu Tamsui.

Selama perjalanan menuju Tamsui, saya berbincang dengan seorang mahasiswa internasional bernama Robert yang berasal dari Austria. Robert adalah mahasiswa pertukaran pelajar jurusan Fisika dan sedang mengambil jurusan Material Science di NTUST hingga bulan Februari 2018. Selama percakapan ini pula saya belajar banyak mengenai Robert maupun negara asalnya. (Bahasa nasional Austria adalah Bahasa Jerman dan populasi negara tersebut mencapai kurang lebih 9 juta jiwa. Masyarakat Austria juga mengalami permasalahan yang sama dengan negara Eropa lainnya yaitu imigran. Menurut masyarakat Austria, para imigran enggan berintegrasi dengan masyarakat dan sering memisahkan diri membentuk kelompok-kelompok kecil yang membuat masyarakat semakin resah).

Setelah tiba di Tamsui, pendapat pertama saya mengenai tempat ini adalah tempat dan udara yang bersih. Kami tiba di Tamsui sekitar pukul 2 siang sehingga matahari masih bersinar namun suhu di sana bisa dibilang sejuk dan tidak sepanas di Indonesia.

Setelah turun dari MRT, kamipun berjalan menuju sebuah Benteng peninggalan penjajah bernama Hobe Fort. Di dalam benteng ini banyak sekali lukisan dan perabotan yang bisa kita lihat dan lingkungan sekitar benteng ini juga sangat indah. Salah satu bangunan bersejarah yang dapat kita lihat di sekitar benteng ini adalah Aletheia University.

Setelah puas berjalan di dalam benteng dan sekeliling benteng, kami memutuskan untuk berjalan ke arah stasiun MRT sembari melewati bangunan-bangunan lainnya. Di perjalanan menuju stasiun MRT, saya sempat mengunjungi sebuah Gereja yang sangat besar. Selain itu, teman saya juga sempat membeli kue bolu keju yang juga sangat terkenal di Jakarta.

Sebelum kembali ke stasiun MRT, kami memutuskan untuk makan kue tersebut di taman yang dekat dengan stasiun MRT. Suasana Tamsui di sore hari sangat ramai karena terdapat night market di sepanjang jalan old street Tamsui yang selalu buka setiap malam.

Setelah puas beristirahat, kamipun memutuskan untuk pulang dan berjalan menuju stasiun MRT. Perjalanan pulang menuju NTUST juga tidak sulit. hanya perlu naik MRT jalur merah dan transit di Chiang Kai-Shek Memorial Hall dan turun di Gongguan MRT Station.